Friday, January 29, 2010

Gingival Fibrous Nodule

Pernah menjumpai variasi pada rongga mulut yang mirip dengan eksostosis?? Tapi ternyata itu bukan lah penonjolan tulang.. Kejadian ini pernah saya alami pada saat koas di Bagian Oral Medicine.. Setelah dimarahi oleh dosen karena salah dalam diagnosis, saya buka-buka buku dan browsing di internet dan menemukan bahwa yang dimaksud dosen saya adalah Gingival Fibrous Nodule.

 


Pada anterior gingiva, umumnya pada mandibula, dapat ditemukan gingival fibrous nodule atau gingival nodule pada mucogingival line. Secara klinis, gingival fibrous nodule adalah nodule kecil, berwarna pink, dengan dasar yang berasal dari kolagen normal. Jumlahnya dapat single dan multiple, dan jika diangkat, dapat muncul kembali (Anonima, 2009)
Menurut Brannon dkk (2003), gingival fibrous nodule memiliki warna yang normal hingga putih-kuning, namun memiliki permukaan yang pucat. Secara klinis, gingival fibrous nodule lebih menyerupai papul dibandingkan nodule karena gingival fibrous nodule solid, memiliki permukaan yang meninggi, dan diameternya kurang dari 5mm. Morfologinya tidak menggambarkan apapun selain penonjolan anatomi yang membentuk protuberansia.
Gingival fibrous nodule merupakan struktur normal yang dapat menyerupai suatu penyakit (Anonima, 2009). Menurut Brannon dkk (2003), lesi yang memiliki morfologi dan warna yang mirip, yang dapat dijadikam differensial diagnosis antara lain: fibroma, giant-cell fibroma, peripheral ossifying fibroma, gingival cyst pada orang dewasa, and exostoses.

0 comments:

Post a Comment